Pembaruan Algoritma Google Tahun 2020 – Siapa yang tak kenal dengan seorang Danny Sullivan, ialah merupakan sebuah jurnalis yang juga ikut serta mendirikan Search Engine Land untuk memberikan berbagai informasi seputar mesin pencari ataupun seo. Danny Sullivan sendiri memang kita kenal sebagai seorang pencetus dari istilah Search Engine Optimazation jika disingkat SEO, pada tanggal 04-05-2020 dirinya telah menkonfirmasi bahwa pembaruan algoritma inti akan dilaksanakan.
Secara resmi, pembaruan kali ini dikenal dengan sebutan “Pembaruan Inti Mei 2020”.
Later today, we are releasing a broad core algorithm update, as we do several times per year. It is called the May 2020 Core Update. Our guidance about such updates remains as we’ve covered before. Please see this blog post for more about that:https://t.co/e5ZQUAlt0G
— Google SearchLiaison (@searchliaison) May 4, 2020
Dengan adanya pembaruan algoritma kali ini, banyak website yang terkena dampak secara signifikan di hasil pencarian google. Namun tentu saja, sebuah perusahaan sebesar google pasti telah memikirkan segala hal untuk kebaikan kita bersama.
The May 2020 Core Update is now rolling out live. As is typical with these updates, it will typically take about one to two weeks to fully roll out.
— Google SearchLiaison (@searchliaison) May 4, 2020
Pembaruan Inti Kedua pada 2020
Sejauh ini, ini adalah pembaruan kedua Google yang dikonfirmasi pada tahun 2020, dengan yang pertama diluncurkan pada bulan Januari.
Terasa seperti seumur hidup lalu mengingat bagaimana dunia telah berubah antara dulu dan sekarang.
Dengan itu, ini secara efektif menjawab pertanyaan tentang apakah Google akan menjeda pembaruan inti di tengah pandemi coronavirus.
Jawabannya adalah: tidak .
Meskipun itu belum tentu hal yang buruk, dan sepanjang posting ini saya akan menjelaskan alasannya, tegas Danny.
Tujuan Pembaruan Algoritma Inti Mei 2020
Pembaruan inti luas ini telah dirancang untuk menghasilkan efek yang sangat terlihat secara luas di seluruh hasil pencarian di semua negara dalam semua bahasa, maka dari itu tak heran banyak yang terkena dari dampak pembaruan ini.
Kabar tersebut sungguh tidak menggembirakan, pasalnya bahwa setiap situs akan mengalami dampak tanpa terkecuali. Dampak tersebut akan terlihat oleh seksama di peringkat hasil pencarian, dimana akan ada situs yang mengalami kenaikan ataupun sebaliknya.
Perubahan peringkat pencarian umumnya merupakan refleksi dari relevansi konten.
Berarti jika konten telah mendapatkan relevansi sejak pembaruan terakhir itu akan dipindahkan lebih tinggi di peringkat. Yang sebaliknya juga benar.
Lalu ada konten yang baru diterbitkan yang tidak ada pada saat pembaruan terakhir. Itu semua harus dinilai ulang terhadap konten yang sudah ada sebelumnya.
Sederhananya, peringkat dapat bergerak sedikit.
Dengan ini menjadi pembaruan pertama sejak pandemi, Pembaruan Inti Mei 2020 berpotensi sangat fluktuatif.
Pembaruan Inti Pertama Sejak COVID-19
Pembaruan inti terakhir diluncurkan pada minggu kedua Januari 2020.
Pada saat itu, coronavirus dan COVID-19 hampir tidak ada di radar siapa pun. Sekarang itu tidak bisa jauh dari kebenaran.
Dunia dengan cepat berubah ketika coronavirus dinyatakan sebagai pandemi, yang datang dengan perubahan signifikan dalam perilaku pencarian pengguna.
Di lain waktu, google sempat menyatakan bahwa cukup terlalu banyak pencarian untuk satu topik seperti kasus Covid-19
Google Search has never seen as many searches for a single topic continue over a sustained period as is happening now with COVID-19. Many searches are for news about what’s happening in local areas, such as sheltering updates or the latest on testing. Here’s how we’re helping….
— Google SearchLiaison (@searchliaison) May 4, 2020
Sebuah kata kunci Covid-19 ini telah mengubah apa yang telah dibutuhkan orang dari hasil pencarian pada sekarang ini, google memberikan contoh bahwa ketika anda mencari informasi seputar virus lain maka akan sama saja yang muncul adalah kasus covid-19 ini. Ketika pembaruan ini telah diluncurkan pihak google berharap bahwa kita dapat mengakses informasi yang kita butuhkan melalui mesin pencarian google.
Jika pembaruan inti mei 2020 ini sangat berpotensi, tentu saja akan ada hal sisi positif yang bisa kita ambil dari sini. Diseluruh dunia, pandemi corona bukanlah hal yang mudah untuk diatasi.
Itu berarti SEO akan segera menemukan diri mereka dalam posisi di mana ada peningkatan permintaan yang signifikan untuk pekerjaan mereka.
Akan menarik untuk melihat berapa banyak perusahaan yang tiba-tiba memiliki ruang dalam anggaran mereka untuk SEO ketika Pembaruan Inti Mei 2020 sepenuhnya diluncurkan.
Pembaruan Inti Mei 2020: Apa yang Harus Dilakukan
Mengenai panduan google dalam mengatasi pembaruan kali ini cukup terbilang sama seperti tahun-tahun sebelumnya, secara history dari pembaruan google sendiri memang diperjelas bahwa tidak ada yang perlu untuk “diperbaiki” jika peringkat situs anda turun dalam pembaruan ini.
Namun google juga menjelaskan bahwa kalian bisa membuat konten sebaik mungkin untuk bisa menjaga relevansi dari situs anda sendiri, kedepannya akan ada banyak interpretasi lain dan berbagai saran dari google tentang cara menangani dampak pembaruan inti mei ini.